Saturday 15 November 2014

Pada posting kali ini saya akan membahas tentang analisa journal-journal yang berhubungan dengan permodelan grafik. Saya akan mengumpulkan tiga buah journal dan saya menganalisanya serta memberikan kelebihan dan kekurang journal-journal tersebut.

1. Jurnal Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Markerless sebagai Media Pengenalan Gedung Universitas Kanjuruhan Malang berbasis Android

sumber: http://www.academia.edu/7725169/Jurnal_Pemanfaatan_Teknologi_Augmented_Reality_Markerless_Sebagai_Media_Pengenalan_Gedung_Unikama_Berbasis_Android

Kelebihan :

  • Pada abstraksi terdapat dua buah bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Menampilkan gambar sebagai media penjelasan bagi pembaca
  • Terdapat kuisioner dalam proses pembuatan
Kekurangan:
  • Tidak terdapat step-by-step pembuatan aplikasi
  • Tidak menggunakan struktur navigasi
  • Tidak mencantumkan output program, hanya menu dan data pembuat
2. Implementasi Augemented Reality di Museum: Studi Awal Perancangan Edukasi Untuk Pengunjung Museum


Kelebihan:
  • Terdapat dua buah versi pembuatan yaitu Desktop dan Mobile
  • Gambar yang ada didalam jurnal sudah cukup merepresentasikan materi yang disajikan
  • Terdapat lebih dari satu marker
Kekurangan:
  • Terlalu detail sebagai tahap awal
  • Terdapat dua buah gambar yang berdempetan,seharusnya dipisah
3. Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Manusia Menggunakan Metode Augmented Reality (AR)

sumber: http://lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2013/10/Jurnal-No.2-vol.4-4.pdf

Kelebihan:

  • Pemilihan tema yang menarik karena jarang digunakan oleh developer lain
  • Dua bahasa pada abstraksi
  • Pemilihan desktop sebagai media penampil gambar augemented reality
  • Terdapat minimum requirement komputer yang digunakan dalam pembuatan
Kekurangan:
  • Terdapat watermark yang terkadang mengganggu pembaca saat membaca jurnal
  • Format penulisan dengan dua buah kolom
  • Kurangnya penomoran halaman

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!