Tuesday 14 April 2015

Pada kesempatan kali saya akan memposting tugas yang diberikan oleh Bpk Marwan selaku dosen matakuliah Pengantar Komputasi Modern. Tugas yang diberikan adalah "Apa yang akan kalian buat dengan infrastruktur yang telah sedemikian canggih?". Jawaban saya adalah saya akan mengembagkan pesawat tanpa awak menjadi "scout" untuk  memetakan seluruh resource maupun memetakan daerah daerah teritorial suatu negara. Saya akan mencoba untuk menjelaskan hal ini secara gamblang.

Drone/UAV


Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak (english = Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya . Penggunaan terbesar dari pesawat tanpa awak ini adalah dibidang militer. Rudal walaupun mempunyai kesamaan tapi tetap dianggap berbeda dengan pesawat tanpa awak karena rudal tidak bisa digunakan kembali dan rudal adalah senjata itu sendiri.(sumber:id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_tanpa_awak)

Akan tetapi yang saya maksudkan adalah drones seperti gambar diatas bukan tipe drone untuk  perang. Drone perang lebih mementingkan persenjataan apa saja yang bisa dibawa dan energi dipusatkan untuk kekuatan dalam membawa beban dan menembakkan seluruh persenjataan yang dibawa oleh drone. Sedangkan drone yang saya maksud adalah drone yang memusatkan seluruh energi yang dimiliki untuk ketahanan terbang,dalam hal ini dimaksud adalah propeler yang menerbangkan drone. Drone ini harus memiliki semacam metal detector untuk mendeteksi sumber daya apa saja yang ada diwilayah yang dilewati.

Ada dua kemungkinan yang bisa dilakukan dalam kasus ini. Kemungkinan pertama adalah mengharuskan pilot UAV/Drone terbang rendah sehingga Drone dapat mendeteksi dengan tepat. Kemungkinan kedua adalah pengembangan metal detector sehingga alatnya dapat berupa sensor dan memiliki kedalam deteksi > 20m dibawah permukaan tanah,jadi Drone dapat dibuat sekecil mungkin untuk menghemat pemakaian energi.

Untuk kasus bawah laut,dapat menciptakan kapal selam tanpa awak yang dilengkapi dengan propeler untuk penggerak dan sonar sebagai pelengkap. Perlu diketahuin untuk setiap unit UAV/Drone harus dilengkapi dengan suar, Maksud suar ini adalah alat yang digunakan dalam kondisi gawat darurat,fungsi dari suar ini adalah untuk memberikan posisi terakhir unit apabila hilang kontak kepada kantor pusat.

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!